Penyakit Ayam Ngorok – Salam hangat dan salam satu hobi buat rekan – rekan saya pecinta hingga pehobi sabung ayam pw di seluruh Indonesia. Saya selaku tim Ayam Sabung S128 akan memberikan ilmu medis yang penting mengenai dunia ayam aduan dimana Apa Itu Ayam Ngorok. Selain menyediakan berita, informasi terupdate hingga tips dan trik mengenai dunia sabung ayam, kami juga menyediakan permainan sabung ayam yang disiarkan secara langsung (live streaming) atau biasa disebut dengan Sabung Ayam Online. Tidak itu saja, situs kami juga menyediakan Promo Bonus Member Baru hingga Jackpot 100% Sabung Ayam S128 buat para pecinta adu ayam dalam memacu andernalin para bettor di kalangan pecinta adu ayam tentunya. Ditunggu apalagi? ayo, segera daftar sabung ayam s128 bersama kami dengan layanan 24 jam online terus bersama Costumer Service Live Chat kami.

Penyebab penyakit ayam ngorok ini di sebabkan oleh bakteri Haemophilus paragallinarum. Dimana, Bakteri Haemophilus paragallinarum berbentuk batang pleumorfik, non motil, dan bersifat gram negative. Bakteri ini diketahui sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Mengingat cepatnya penyebaran penyakit ngorok melalui kontak langsung maupun tidak langsung loh.Penularan tidak langsung dapat terjadi ketika terjadi kontak antara ayam dengan alat makanan / minuman atau peralatan lain yang tercemar. Maka dari itu saya akan memberikan ulasan menarik mengenai Apa Itu Ayam Ngorok buat rekan – rekan satu hobi ayam aduan.

Selain cepatnya penularan, penyakit ngorok juga dapat menyerang semua jenis ayam. Mulai dari ayam kampung, petelur ataupun pedaging. Penyakit satu ini berjalan akut-kronis masa inkubasi terjadi selama 1 sampai 3 hari. Sedangkan angka kematiannya sekitar ±30 % dan menyebabkan kesakitan hingga 80%. Ayam yang paling rentan terhadap serangan penyakit ini adalah yang sudah berumur 15 minggu ke atas antara umur 18 – 23 minggu untuk breeder. Namun, pada ayam pedaging, petelur, itik semua umur khususnya mulai umur 3 minggu. Meski begitu, sebenarnya Ayam yang menderita bila tidak di sertai dengan infeksi lainnya dapat sembuh dalam 14 hingga 21 hari setelah pengobatan.

Cara Mencegah Apa Itu Ayam Ngorok Super Ampuh

penyakit ayam ngorok

Pencegahan adalah upaya yang paling tepat dari pada mengobati ayam yang terkena penyakit ngorok. Berikut ini langkah-langkah untuk mencegah penyakit ngorok pada ayam yang terbukti ampuh :

  • Pemberian Vaksin
    Untuk mengurangi potensi serangan penyakit satu ini pada ayam, maka perlu dicegah dengan memberikan vaksin. Pada jenis ayam petelur dan pembibitan, berikan vaksin sebanyak 2 kali pada umur 6-9 minggu dan di ulang kembali pada umur 12-18 minggu.
  • Kandang Ayam Terbaik
    Konstruksi kandang harus di buat lebih kuat dan kokoh. Anda bisa menggunakan terpal sebagai penutup yang lebih tahan terhadap hembusan angin malam. Selain itu, perhatikan juga ventilasinya agar sinar matahari dapat masuk dengan cukup dan tidak goyang jika di tiup angin yang kencang. Jika kandang dirasa mulai rusak, maka segera ganti dengan yang lebih kuat.
  • Manejemen Pemeliharaan
    Manajemen pemeliharaan harus diperhatikan dengan baik. Hal ini terkait pemberian pakan, minum, pemberian obat-obatan dan lain – lain sebagainya.
  • Umur Berbeda Dipisahkan
    Hal ini terkait dengan kebutuhan metabolisme ayam yang berbeda sesuai dengan umurnya.

Baca Juga : Racikan Jamu Ayam Tradisional Rahasia Bobotoh

Demikianlah artikel diatas mengenai “Apa Itu Ayam Ngorok ? Begini Penjelasannya” semoga bermanfaat bagi para pecinta hingga pehobi sabung ayam s1288 di seluruh Indonesia. Sekian dan terima kasih banyak atas kunjungannya.